UNIVERSITAS MOCH. SROEDJI JEMBER

Universitas Moch. Sroedji Jember atau yang biasa dikenal dengan Universitas Moch. Sroedji Jember berdiri pertama kali berdasarkan Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Kabupaten Daerah Tingkat II Jember pada tahun 1981 dalam rangka ikut berpartisipasi dalam pembangunan khususnya di bidang pendidikan. Yayasan pendidikan yang mewadahi Universitas Moch. Sroedji Jember ini dengan dukungan Pemerintah Daerah Tingkat II Jember awalnya memiliki 7 fakultas yaitu: Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran (Akta Notaris Nomor 10 Tahun 1981). Namun karena tidak memenuhi persyaratan untuk dapat memperoleh status terdaftar maka pada tahun 1983 Fakultas Kedokteran ditutup, sedangkan fakultas lainnya tetap terdaftar sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 017/0/1983.

Sampai pada tahun 2007 Universitas Moch. Sroedji Jember memiliki 6 (enam) Fakultas, yaitu : Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik dengan 7 (tujuh) program studi yaitu Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi Negara, Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, Budidaya Pertanian, dan Teknik Sipil.

Dalam Higher Education Long Term Srategy (HELTS) pembangunan Pendidikan Tinggi diarahkan pada tiga isu utama yaitu peningkatan daya saing bangsa, otonomi pengelolaan pendidikan dan peningkatan kesehatan organisasi penyelenggara Pendidikan Tinggi.